FacebookTwitter
  • bannernew.png

FLASH GALLERY

CAN I HELP YOU?

ARTICLES

Cepat dan Mudah Mengisi e-Faktur
18 Jun 2015 16:48

Era faktur pajak digital sudah tiba. Per 1 Juli 2015, seluruh PKP di Jawa dan Bali wajib untuk membuat e-Faktur dengan menggunakan aplikasi e-Faktur dari Ditjen Pajak (DJP, red). Adanya e-Faktur akan mengubah sistem pembuatan Faktur Pajak yang selama ini dijalankan oleh sebagian besar perusahaan. Selama ini, PKP membuat faktur pajak secara manual atau dengan menggunakan program aplikasi tertentu. Umumnya, program aplikas [ ... ]

Sertifikat Elektronik: Gerbang Masuk Penggunaan e-Faktur Juli 2015!
16 Mar 2015 10:10

Per 1 Juli 2015, setiap PKP di wilayah Jawa dan Bali sudah WAJIB menggunakan aplikasi e-Faktur Pajak. Supaya dapat menggunakan e-Faktur Pajak, setiap PKP harus memiliki sertifikat elektronik. Sertifikat elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara sertif [ ... ]

Cara Membuat Multi NPWP di e-SPT PPh 21

Bapak/Ibu Pelanggan yang Berbahagia,

Seperti e-SPT yang lama, e-SPT versi PER-14/PJ/2013 (versi 2.1) juga bisa digunakan untuk multi NPWP. Ini tentu kabar baik bagi bagian pajak/sdm yang meng-handle pengisian SPT PPh 21 di beberapa perusahaan. Menariknya lagi, cara membuat multi NPWP tersebut kini lebih sederhana karena WP tidak perlu setting ODBC terlebih dahulu.
Berikut detil langkahnya:

  1. Copy data base kosong dari C:\Program Files\DJP\e-SPT Masa 21-26 2014\db\dbkosong   (Untuk MS Office 2003 dan sebelumnya pilih file db2113.mdb. Untuk MS Office 2007 dan sesudahnya pilih file db2113.accdb).
  2. Tempatkan di lokasi yang berbeda –  agar bisa di-rename – kemudian ubah nama file-nya.
  3. Pindahkan file database yang telah di-rename tersebut ke dalam folder db di alamat C:\Program Files\DJP\e-SPT Masa 21-26 2014\db.

Setelah ketiga langkah di atas selesai, database baru akan tampak ketika WP membuka e-SPT. WP tinggal memilih database baru tersebut dan melakukan log in. Masukkan NPWP yang baru dan lakukan pengisian e-SPT seperti biasa.

Bagaimana Bapak/Ibu, cukup mudah bukan? Selamat mencoba..

garisbatas